Universitas Negeri Surabaya (UNESA) bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Southeast Asia Minister of Education Organization (SEAMEO) Regional Centre for Special Education (SEAMEO SEN), menyelenggarakan 3rd International Conference on Special Education (ICSE) 2019. Forum ini diselenggarakan di Hotel Shangri-La Surabaya, pada 13-15 Juli 2019.

Mengambil tema Elevating innovation for Sustaible Development of Special Education, kegiatan ini menjadi forum bagi seribu lebih peserta dari 20 negara. UNESA memiliki misi khusus atas terlaksananya ICSE ketiga ini di Surabaya, yaitu berupaya melakukan pengembangan terhadap pendidikan inklusi bagi anak berkebutuhan khusus.

Rektor Unesa Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes, dalam sambutannya menyebutkan bahwa kekhususan yang dimiliki anak berkebutuhan khusus seharusnya bukan menjadi batasan bagi mereka untuk mengembangkan bakat dan potensi yang mereka miliki. Sehingga memberikan perhatian terhadap perkembangan dan pendidikan mereka sangat penting, baik itu orang tua, pendidik, serta pihak yang lainnya.

“Di Indonesia masih ada lebih dari satu juta anak inklusi yang tidak mengenyam pendidikan di sekolah. Hal ini semakin mengukuhkan peran penting banyak pihak untuk membantu anak inklusi mengembangkan potensinya tanpa dibatasi oleh kekhususan yang dimiliki anak,” tuturnya.

Dalam era industri 4.0 semua dapat merasakan segala perubahan. Melalui ICSE 2019 ini para penyelenggara pendidikan inklusi dituntut untuk berbenah. Menghasilkan inovasi-inovasi pembelajaran bagi siswa inklusi untuk lebih banyak memanfaatkan teknologi informasi yang ada.

https://www.ngopibareng.id/timeline/3rd-international-conference-on-special-education-4042020

link yang berkaitan :

Unesa Jadi Gaung Forum Berbagi Inovasi Pengembangan Pendidikan Inklusi

https://jatim.antaranews.com/berita/305039/kemendikbud-ada-58-kabupaten-kota-belum-memiliki-sb-negeri

https://surabaya.tribunnews.com/2019/07/13/58-kabupatenkota-di-indonesia-masih-belum-memiliki-slb-negeri

https://today.line.me/id/pc/article/ICSE+2019+Tingkatkan+Kesadaran+Pendidikan+Khusus-v2EXwK

https://kelanakota.suarasurabaya.net/news/2019/223330-Tiga-Poin-Penting-Pendidikan-Anak-Berkebutuhan-Khusus

Banyak Kabupaten/Kota yang Belum Memiliki SLB Negeri

https://kompas.id/label/3rd-international-conference-on-special-education

http://www.unesa.ac.id/padukan-referensi-pendidikan-inklusi-dari-korea-dan-indonesia-dalam-icse-2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *