IMG_20151019_125324

(Foto 1: Asar (pojok kanan) dan Nahdiya (keempat dari kanan) sedang bersama beberapa mahasiswa Unesa dan Khon Kaen University di Perpustakaan Collage of Local Administration)

IMG_20151020_144952

(Foto 2: Mahasiswa FIP Unesa bersama beberapa mahasiswa Khon Kaen University di Learning Center Faculty of Education)

BANGKOK. Pagi itu, Minggu (18/10) pintu keberangkatan T2 Bandara Internasional Juanda disesaki oleh enam belas mahasiswa FIP Unesa yang membentangkan spanduk bertuliskan “Academic and Culture Student Exchange Program 2015” yang digunakan sebagai background berfoto bersama sebelum berangkat ke Negeri Gajah Putih, Thailand. Semua mahasiswa yang berangkat telah melalui beberapa proses penyaringan dan merupakan pilihan dari setiap jurusan atau program studi masing-masing.

Kelompok mahasiswa yang diberangkat kali ini, dua diantaranya adalah Relawan PSLPD Unesa, yakni Nahdiya Paramitha Makka (PLB/2013) dan Muhammad Ashar (PLB/2014). Nahdiya mengakui sangat antusias mengikuti kegiatan ini, pasalnya merupakan pertama kali baginya menginjakkan kaki ke negeri orang.

“Aku sih sangat exited mas, meskipun ini bukan kali pertama ku naik pesawat, tapi ini kali pertama aku menginjakkan kaki di negeri orang”, akunya dengan ekspresi penuh semangat.

Tidak berbeda dengan Ashar, mahasiswa prestasi angkatan 2014 itu juga mengakui hal yang tidak jauh berbeda, apalagi ini adalah pertama kali ia masuk ke dalam bandara meskipun kediamannya tidak jauh dari Bandara internasional tersebut.

Di kesempatan lain, Dekan FIP yang juga sebagai pelindung PSLPD Unesa, Drs. Sujarwanto, M.Pd., berulang kali menegaskan kepada seluruh tim yang berangkat ke Khon Kaen University tersebut untuk dapat memanfaatkan kesempatan sebaik-baiknya. Tidak hanya itu, ia juga menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai ajang membuka cakrawala mahasiswa FIP sehingga bisa berpandangan internasional.

“Biar adik-adik (mahasiswa) ini nanti sepulangnya dari program ini bisa berpandangan yang luas, tidak hanya Lidah Wetan (Regional) saja, biar bisa menularkan ke adik-adik angkatannya lagi” tegas Sujarwanto. Ia melanjutkan bahwa, terkhusus tim PSLPD Unesa harus terus bersemangat, setidaknya mengikuti jejak-jejak senior yang selalu andil dalam kegiatan pertukaran mahasiswa ini, seperti Lailatul Fitriah (PLB/2010), Ruwaida Zafira (PGSD/2011), dan Ady Setiawan (MP/2011).

“Anak-Anak pak Jar (sapaan akrab Drs. Sujarwanto) harus mampu Go International, semua tim PSLPD harus bisa merasakan luar negeri, biar gak ndeso-ndeso”, pungkasnya.

Kegiatan pertukaran mahasiswa ke Khon Kaen University ini merupakan program ketiga kalinya yang telah dijalin oleh FIP Unesa. Kali ini, FIP mengirimkan 16 mahasiswa dari berbagai jurusan/program studi yang akan belajar selama dua minggu di dalam kelas, dan satu minggu social study, baik di Bangkok maupun di Singapura. (Ady)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *